-->

Iklan Billboard 970x250

Full Review Perbedaan Xiaomi Redmi 4A dan Xiaomi Redmi 5A Versi Distributor

Full Review Perbedaan Xiaomi Redmi 4A dan Xiaomi Redmi 5A Versi Distributor

Story About Gadget-Hai Gaes jumpa lagi dengan saya Deka. Dalam artikel kali ini kami akan bahas tentang apa saja perbedaan antara Smartphone Xiaomi Redmi 4A & Xiaomi Redmi 5A. Versi Distributor.


Di awal kemunculannya banyak orang berkata bahwa Smartphone Xiaomi Redmi 5A adalah Smartphone Xiaomi Redmi 4A yang berganti casing saja. Wajarlah, jika kita hanya melihat spesifikasi yang tertulis di atas kertas maka tentu tidak akan tampak perbedaannya. Eh, sebenarnya ada sih yang beda. Smartphone Xiaomi Redmi 5A yang Versi Resmi dirakit di Indonesia dan  dilengkapi slot SIM 2 yang terpisah dengan Slot Micro SD begitulah berdasarkan brosus yang di muat di paman Lazada. Bukan hanya itu saja, perbedaan yang paling menyenangkan dibandingkan yang lama yakni Xiaomi Redmi 4A adalah harganya yang ternyata justru lebih murah. Kata orang "hanya" Rp.999.000,-. Murah banget. Horeee... Kalau kata saya masih mahal juga, jadi tidak bisa dibilang "hanya".

Beda dengan Versi Resminya

Awalnya saya kira Smartphone Xiaomi Redmi 5A Versi Distributor yang saya beli ini akan sama persis dengan Smartphone Xiaomi Redmi 5A yang garansi Resmi. Ternyata BEDA jauh dari yang saya kira. Bedanya, saya kira hanya sebatas HARGA, GARANSI, dan LETAK PABRIK PEMBUATANNYA.

Ternyata saya keliru. Tidak seperti pada  Smartphone Xiaomi Redmi 4A Versi Distributor hasil produksi china, yang sama persis dengan Smartphone Xiaomi Redmi 4A garansi resmi yang dirakit di Indonesia, ternyata Smartphone Xiaomi Redmi 5A yang dirakit di Indonesia memiliki beberapa perbedaan dengan Smartphone Xiaomi Redmi 5A buatan China yang dibawa Distributor ke pasar Indonesia dan saya beli.

Xiaomi Redmi 5A versi distributor atau produsi dari China seperti yang saya punya ternyata tidak memiliki slot SIM 2 yang terpisah, alias masih mengandalkan slot dual SIM bertipe hybrit. Trus, brarti sama persis dong dengan pendahulunya yakni Smartphone Xiaomi Redmi 4A? Hmmm, tidak juga, masih banyak kok bedanya. Kebetulan di rumah kami mempunyai keduanya. Sebuah Smartphone Xiaomi Redmi 4A Versi Distributor serta sebuah Smartphone Xiaomi Redmi 5A yang juga Versi Distributor sehingga bisa secara pasti membedakan antara keduanya.
Mau tahu apa saja perbedaannya? Yuk simak review lengkap dari saya...

Perbedaan antara Xiaomi Redmi 4A dan Xiaomi Redmi 5A Versi Distributor
1. Kotaknya

Perbedaan pertama antara Smartphone Xiaomi Redmi 4A dan Xiaomi Redmi 5A yang terlihat jelas dengan mata telanjang bisa kita bandingkan dari kotaknya.

Kotak Xiaomi Redmi 4A Berwarna Putih. Pada bagian depan kotaknya dilengkapi tulisan 4A berwarna putih glossy sehingha masih bisa terbaca. Kemudian sisi atas dan bawah ada logo "mi". Kemudian di bagian sisi kiri dan kanan nya ada tulisan berbahasa Mandarin yang dilengkapi angka dan huruf 4A. Terakhir dibagian bawah kotak bisa kita jumpai beberapa spesifikasi kunci berbahasa Mandarin.
Beberapa keterangan di bagian bawah kotak yang bisa kami baca dan ketahui bahwa Smartphone ini sudah mendukung jaringan 4G, Snapdragon 425, kamera 13MP dan 5MP, serta baterai 3120 mAh.

Kotak Smartphone Xiaomi Redmi 5A.

Kotak Xiaomi Redmi 5A berwarna merah. Pada bagian depan kotaknya dilengkapi tulisan bahasa Mandarin (seperti bacanua redmi) dan tulisan 5A besar  berwarna putih, serta ada tulisan juga dalam bahasa Mandarin sepertinya berupa spesifikasi singkat yang hanya kami mengerti ada keterangan baterai 3000 mAh di bagian kiri bawah kotak depannya. Kemudian di pojok kanan atas ada logo "mi". Kemudian di kiri atas bagian kotak depan ada stiker yang memberitahukan bahwa ini dibawa ke Indonesia oleh Distributor BLESS. Kemudian di kanan bawah, tepat bersebelahan dengan tulisan 5A terdapat stiker 4G+ serta dilengkapi tulisan bahasa Mandarin.

Pada bagian belakang kotaknya Smartphone Xiaomi Redmi 5A juha dilengkapi beberapa keterangan berupa spesifikasi kunci yang dilengkapi dengan gambar ilustrasi. Ada layar 5", kamera 13MP dan 5MP, Snapdragon 425, baterai 3000mAh.

2. Bentuk
Perbedaan ke 2 antara Xiaomi Redmi 4A dan Xiaomi Redmi 5A adalah terlihat dari bentuknya. Bentuk Smartphone Xiaomi Redmi 4A dan Xiaomi Redmi 5A sama-sama membulat pada setiap sudutnya. Namun, sisi-sisi bagian samping kiri-kanan, atas-bawah Xiaomi Redmi 4A tampak lebih lurus seperti kotak. Xiaomi Redmi 5A memiliki sisi-sisi yang membulat.

Tampak depan

Xiaomi Redmi 4A
Pada bagian depan Smartphone Xiaomi Redmi 4A tampak layarnya terbentang seluas 5" dengan resolusi 1280x720 pixel dengan rasio 16:9.
Pada bagian tengah atas ada earpiece, kamera depan 5MP dibagian kananya, sensor-sensor dibagian kiri dari earpiece tersebut.

Pada bagian depan bawah tampak ada tiga buah tombol home ditengah, back dikanan, dan tombol menu dikiri serta ada LED notifikasi yang bisa berubah berwarna putih, hijau, dan merah tepat dibawah tombol home.

Xiaomi Redmi 5A Versi Distributor
Sama layarnya terbentang seluas 5" dengan resolusi 1280x720 pixel dengan rasio 16:9. Pada bagian tengah atas ada earpiece, kamera depan 5MP dibagian kananya, sensor-sensor dibagian kiri dari earpiece tersebut.

Pada bagian depan bawah tampak ada tiga buah tombol home ditengah, back dikanan, dan tombol menu dikiri serta ada LED notifikasi yang sayangnya hanya berwarna putih tepat dibawah tombol home.

Tampak atas

Xiaomi Redmi 4A
Pada bagian tampak atas Xiaomi Redmi 4A ada lubang jack 3,5mm. Ada sensor inframerah. Ada mic kedua.

Xiaomi Redmi 5A
Pada bagian tampak atas Xiaomi Redmi 5A ada lubang jack 3,5mm. Ada sensor inframerah. Ada mic kedua.

Tampak bawah

Xiaomi Redmi 4A
Pada bagian bawah Smartphone Xiaomi Redmi 5A tampak ada colokan micro USB yang bisa OTG dan mic.

Xiaomi Redmi 5A
Pada bagian tampak bawah Smartphone Xiaomi Redmi 5A ada colokan micro USB yang bisa OTG dan mic.

Di bagian belakang pun ada perbedaannya.

Xiaomi Redmi 4A
Pada bagian belakang Xiaomi Redmi 4A bagian belakangnya tampak lurus datar. Posisi kamera belakang  dan LED Flash ditempatkan pada bagian kiri atas dari belakang. Ada dua buah garis horizontal dibagian belakang bodi Smartphone Xiaomi Redmi 4A yang menyambung hinhha ke sisi samping. Satu garis lurus yang membelah tepat memotong diameter lubang kamera serta LED flash tersebut. Sementara garis yang kedua ditempatkan di bawah lubang speaker.
Xiaomi Redmi 5A
Pada bagian belakang Xiaomi Redmi 5A bagian belakangnya tampak sedikit membulat. Posisi kamera belakang  dan LED Flash ditempatkan pada bagian kiri atas dari belakang. Sama dengan pendahulunya itu, Smartphone Xiaomi Redmi 5A juga disertai  pemanis berupa 2 buah garis horizontal. Bedanya garis tersebut tidak menyambung hingga ke sisi samping. Satu haris lurus tepat dibawah jejeran kamera serta LED flash tersebut. Sementara letak aksen garis yang kedua juga berbeda, garis tersebut berada persis sebelum lubang-lubang speker.

3. Slot SIM
Selain beda dengan versi resmi yang dirakit di Indonesia ternyata slot SIM Xiaomi Redmi 5A versi distributor juga memiliki perbedaan dibandingkan dengan Smartphone Xiaomi Redmi 4A. Slot SIM 1 di Smartphone Xiaomi Redmi 4A bisa menampung Micro SIM dan slot SIM 2 nano SIM/Micro SD. Sementara kedua slot SIM di Smartphone Xiaomi Redmi 5A hanya bisa menampung 2 nano SIM atau satu nano SIM + satu Micro SD.

4. Sistem Operasi / OS
Secara default Xiaomi Redmi 5A sudah menggunakan Android Nougat sementara Smartphone Xiaomi Redmi 4A Masih Marshmellow.

5. Xiaomi Redmi 5A bisa Split Screen
Karena sudah Nougat jelas Smartphone Xiaomi Redmi 5A sudah punya fitur split screen. Split Screen adalah fitur dimana kita  bisa membagi layar menjadi dua untuk menjalankan dua aktivitas secara bersamaan. Sementara pada Smartphone Xiaomi Redmi 4A tidak bisa, kecuali  sudah di update ke Nougat juga.

6. LED Notifikasi
LED Notifikasi pada Smartphone Xiaomi Redmi 4A punya tiga warna merah, putih dan hijau. Sementara LED Notifikasi pasa Smartphone Xiaomi Redmi 5A hanya berwarna putih saja.

7. Baterai
Baterai Smartphone Xiaomi Redmi 5A ternyata lebih kecil dari baterai Smartphone Xiaomi Redmi 4A. Smartphone Xiaomi Redmi 4A dilengkapi baterai berkapasitas 3120mAh sementara Smartphone Xiaomi Redmi 5A hanya 3000mAh.

8. Sensor Gyroscope
Pada Smartphone Xiaomi Redmi 5A ternyata tidak memiliki Gyroscope untuk main Virtua Reality. Sementara Smartphone Xiaomi Redmi 4A ada.

9. Beratnya
Smartphone Xiaomi Redmi 4A sangat ringan sehingga tampak ringkih. Namun, untungnya pada Smartphone Xiaomi Redmi 5A tampak lebih solit dengan beratnya yang bertambah.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan terkait apa saja perbedaan antara Smartphone Xiaomi Redmi 5A dengan pendahulunya yakni Smartphone Xiaomi Redmi 4A. Dari beberapa perbedaan diatas tampak jelas bahwa tidak tepat bila Smartphone Xiaomi Redmi 5A adalah versi penyempurnaan dari Smartphone Xiaomi Redmi 4A, karena terdapat beberapa fitur yang dikurangi.


Xiaomi Redmi 5A menurut kami adalah versi penyesuaian atau penyegaran dari Smartphone Xiaomi Redmi 4A dimana dengan penambahan dan pengurangan fitur yang ada pada Smartphone Xiaomi Redmi 5A maka Smartphone Xiaomi Redmi 5A punya value for money yang jauh lebih baik daripada pendahulunya untuk bisa bersaing dengan para Smartphone pesaingnya.

Terimakasih..
Baca Juga
SHARE
Subscribe untuk mendapatkan update terbaru dari kami

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia