-->

Iklan Billboard 970x250

Pemanfaatan USB OTG Sebagai Penunjang Produktivitas di Smartphone Android Anda

Pemanfaatan USB OTG Sebagai Penunjang Produktivitas di Smartphone Android Anda

StoryAboutGadget.com - USB On The Go atau USB OTG mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita yang tergolong smart people. Namun 2018 masih banyak juga orang yang masih bertanya apa itu OTG USB OTG? Orang-orang ini menurut kami tergolong kedalam golongan mereka yang tidak sengaja terbudak oleh teknologi yakni, mereka yang belum mampu memanfaatkan teknologi secara maksimal. Parahnya, orang-orang ini justru punya akses sumberdaya (baca uang) yang lebih dekat untuk menjangkau teknologi-teknologi paling canggih dimadanya.


Kami ingat betul tablet PC Android pertama yang kami beli pada awal tahun 2013 sudah mendukung fitur ini. Dengan fitur USB OTG kita bisa menghubungkan tablet atau hape android ke flashdisk. Begitulah hal yang paling umum dilakukan dengan USB OTG.

USB OTG merupakan aksesoris yang sangat bermanfaat buat Anda yang tidak memiliki laptop karena dengan USB OTG Anda bisa membuka file yang anda simpan di flashdisk tanpa menggunakan laptop.

Belakangan penggunaan USB OTG sedikit berkurang. Hal ini dikarenakan telah ditemukannya flashdisk yang telah mendukung fitur micro USB. Dengan penemuan flashdisk tersebut maka penggunaan USB OTG untuk menyambungkan flashdisk ke Tablet atau hape smartphone Android tidak diperlukan lagi karena sudah bisa langsung dihubungkan ke tablet atau hape Smartphone Android secara langsung.

USB OTG yang dulunya berbentuk kabel kemudian dianggap tidak praktis lagi dan mudah rusak ketimbang penggunaan flashdisk yang salah satu ujungnya dilengkapi dengan micro USB.

Pada akhirnya ditemukan lagi USB OTG tanpa kabel yang jauh lebih ringkas dibandingkan USB OTG berkabel.
Pemanfaatan USB OTG Sebagai Penunjang Produktivitas di Smartphone Android Anda
USB OTG nya yang berwarna merah, kecil kan?
Selanjutnya USB OTG semakin berkembang hingga bisa dilengkapi dengan beberapa colokan USB sekaligus dalam satu sambungan ke tablet atau hape Smartphone Android.

Semakin berkembang pesat, kenyataannya belum terlalu banyak orang yang tahu dan memanfaatkannya USB OTG untuk menunjang produktivitas sehari-hari.

Paling banter fitur USB OTG hanya digunakan untuk menjadikan hape smartphone Android yang dilengkapi baterai berkapasitas besar sebagai powerbank untuk smartphone lain.

Kebanyakan smartphone murah bahkan belum mendukung fitur USB OTG.

Sementara smartphone yang telah mendukung fitur USB OTG pun tidak secara terang-terangan menunjukkan fitur tersebut. Kecuali untuk digunakan sebagai powerbank.

Namun ternyata ada fitur lain yang juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan sambungan USB OTG. Berikut ulasan dari kami...

Sebagai catatan fitur ini hanya berlaku pada hape smartphone Android yang sudah support USB OTG. Kalau hape Android Anda belum support USB OTG maka jelas Hape kamu belum smartphone. Hehehe

Apa saja yang bisa dilakukan dengan hape Android + USB OTG?
Kalau dulu cuman tahu bisa Buka flashdisk!

Kalau sekarang dengan menggunakan USB OTG kita sudah bisa:

Ngeprint pakai hape!


Untuk bisa ngeprint menggunakan hape smartphone Android kita sudah mencobanya. Namum ada beberapa syarat. Pertama, kita perlu mendownload sebuah aplikasi khusus. Namun sayangnya versi gratis hanya bisa menunjukkan contoh hasil print dan belum bisa digunakan untuk  memprint file yang kita punya. Untuk bisa memprint file milik kita harus melakukan pembelian upgrade. Kita sendiri belum menemukan aplikasi untuk ngeprint yang benar-benar gratis :-( .

Pasang keyboard eksternal di hape!


Untuk hal yang satu ini sudah kami coba sendiri dan langsung berhasil. Caranya cukup sambungan USB OTG ke hape smartphone Android Anda kemudian sambungkan keyboard ke colokan USB yang ada pada USB OTG tersebut. Beres deh.

Mungkin, juga bisa

Pasang mouse?


Kami sendiri belum mencoba menghubungkan mouse ke hape Android karena kami memang belum memilikinya. Namum kami pernah menonton videonya dimana seseorang menyambungkan tablet PC miliknya ke mouse untuk komputer. Dilihat dari tablet milik orang tersebut yang bukan buatan perusahaan ternama Kemungkinan di hape smartphone Android china yang udah support USB OTG juga bisa.

Pasang hardiks eksternal?

Silakan dicoba-coba saja sendiri buat kamu yang memiliki hardisk eksternal karena kami juga belum memilikinya. Kemungkinan bisa. Hehehe

Pasang dvd eksternal?


untuk yang ini, dulu pernah dicoba dan ternyata gagal. Namun saat itu kami menggunakan USB OTG berjenis kabel dengan harga yang murah sehingga sangat ringkih dan sedikit goyang-goyang, jadi dengan perangkat USB OTG yang  kualitasnya lebih solid menurut kami kemungkinannya bisa.

Kesimpulan


Anda bebas sebebas-bebasnya dalam bereksperimen memanfaatkan fitur USB OTG sesuka Anda dan jangan lupa share agar orang lain juga pada tahu. Zaman Now sudah makin canggih manusia lah yang seharusnya memperbudak teknologi dan bukan malah sebaliknya rela diperbudak oleh perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi sudah pastinya berguna untuk mempermudah cara hidup manusia, jadi kedepannya kami yakin penggunaan hape smartphone akan semakin multifungsi dan jelas bermanfaat positif untuk menunjang produktivitas para penggunanya. :-D

#StoryAboutGadget
Baca Juga
SHARE
Subscribe untuk mendapatkan update terbaru dari kami

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia