-->

Iklan Billboard 970x250

Definisi Garansi Resmi?

Definisi Garansi Resmi?

StoryAboutGadget -- Semakin hangatnya perbincangan tentang kabar dimana pemerintah akan memblokir Smartphone ilegal merembet kemana-mana. Satu yang menarik menurut kami adalah apa Definisi Garansi Resmi?

Secara eksplisit Garansi Resmi adalah produk gadget yang didistribusikan dan digaransi oleh distributor kenamaan yakni Tam. Lalu produk non-Tam dikatakan Non-resmi. Apa benar demikian?

Nyatanya Distributor macam B-Cel dan Bless juga merupakan distributor yang resmi. Kalau tidak resmi seharusnya perusahaan mereka sudah disegel dan ditahan bea cukai. Bedanya mereka memasukkan smartphone dan barang elektronik lainnya langsung dari negara asal produk itu dibuat dan dirakit.

Kalau Tam ini merupakan distributor smartphone dan elektronik resmi yang dibuat dan dirakit di Indonesia.

Kemudian bedanya khusus untuk smartphone yang beredar resmi di Indonesia seharusnya mematuhi aturan TKDN atau Tingkat Kandungan Lokal Dalam Negeri. Biasanya ditandai dengan produk ini sudah dirakit pabrik yang ada di Indonesia.

Dengan aturan TKDN, seharusnya komponen pembuatan suatu smartphone untuk bisa dikatakan resmi juga berasal dari Indonesia. Namun fakta berkata sepertinya hanya perakitan saja  d di Indonesia,, sementara untuk komponen lainnya masih impor dari negara asalnya.

Ya bukannya susuzon tapi kita tidak pernah tahu komponen apa saja selain perakitan yang dibuat di Indonesia. Yang jelas soal harga kebanyakan smartphone resmi lebih mahal ketimbang di negara asalnya. Mungkinkah itu (mahalnya harga) adalah bagian agar TKDN terpenuhi?
Baca Juga
SHARE
Subscribe untuk mendapatkan update terbaru dari kami

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia